Piasan Pidie Raya

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan menggelar acara Piasan Pidie Raya di arena Taman Sulthanah  Safiatuddin pada tanggal 13 September 2014. Event Piasan Pidie Raya ini merupakan gabungan kesenian dari dua kabupaten kota yang baru dimekarkan yaitu kabupaten Pidie dan pidie Jaya ( pijay). Piasan Pidie Raya adalah sebuah event tahunan sebagaimana telah diintruksikan oleh gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah kepada  dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh untuk mengaktifkan kembali  arena Taman Sulthanah Safiatuddin. Acara ini diharapkan menjadi suatu ajang kreatifitas bagi para penggiat seni yang ada di aceh disamping untuk menyemarakkan suasana di arena Taman Sulthanah Safiatuddin sebagai miniature Aceh.

Agenda utama seni panggung ini akan menampilkan beberapa pertunjukan yang fenomenal seperti  tarian tradisional, Musik etnik dan teaterikal. 

Pada event kali ini Pidie Jaya Akan menampilkan Tari sedati, Rapai geleng, Tari ramphak Pijay, Tari Ratoh Jaroe, Tari Likok Pulo, Tari Laweut, Tari beuhe, dan juga Tari meusare-sare yang akan diwakili oleh group sanggar Meurah Setia. 

Sedangkan dari kabupaten Pidie nantinya akan diwakili oleh group dari sanggar Kroeng Aneuk Nanggroe yang akan mempersembahkan tari peh kerupuk mulieng, music kolaborasi etnik, dan juga sebuah teater rakyat Tgk. Chik Di Tiro. 

Selain pertunjukan dari dua kabupaten, kali ini event Piasan Pidie Raya Juga akan dimeriahkan oleh artis asal Aceh “Liza Aulia dengan lagu-lagu khas tradisional karangan para endatu dan juga ikut hadir “apa gense(Rasyidah M. Dallah Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh).

Untuk agenda berikutnya mari kita lihat Calender Event Pariwisata akhir tahun 2014