Melihat Aceh

       Islam dalam masyarakat aceh adalah suatu pondasi yang saling mengaitkan antara agama dan kehidupan sosial. dalam hal ini masyarakat di aceh sangat kental dengan budaya yang berlandaskan syariat islam. pada abad ke- 7 pada masa kejayaan kerajaan -kerajaan islam di aceh. kehidupan masyarakat aceh tidak dapat dipisahkan dengan agama. jalannya roda pemerintahan berdasarkan syariat yang dianjurkan dalam islam. tapi mari kita lihat sejenak apa yang  terjadi dengan negeri serambi mekkah sekarang ini... negeri yang dulunya adalah negeri yang makmur, sekarang telah menjadi negeri yang penuh dengan pertikaian yang tidak berujung.  semua mengatakan damai, semua mengatakan kemakmuran untuk masyarakat. tapi yang terjadi rakyat semakin menderita, kemiskinan dimana -mana, baik miskin harta maupun miskin moral. kucuran dana yang triliunan belum mampu memperbaiki kehidupan rakyat di negeri ini, yang menjadi masalah sepertinya bukanlah dana yang tidak mencukupi, akan tetapi karena penggunaan dana yang triliunan itu yang tidak maksimal. kebanyakan dana dikucurkan untuk kepentingan kelompok saya dan rakyat hanya menerima sebagian kecil saja. ( goresan hati rakyat kecil)

        Aceh.. adalah suatu provinsi yang terletak paling ujung pulau Sumatra, Aceh yang di kenal dengan daerah serambi mekkah karena dari sinilah islam menyebar keseluruh nusantara, di bawah kekuasaan kerajaan samudra pasai aceh berhasil menjadi salah satu daerah yang banyak dikunjungi oleh pedagang pedangang dari seluruh dunia. sifat orang aceh yang ramah dan membuka diri terhadap dunia luar telah menjadikan aceh salah satu pelabuhan perdangangan dunia yang terkenal. masa kejayaan Aceh terjadi pada masa sultan iskandar muda, aceh pada saat itu adalah salah satu kekuatan besar di kawasan asia, dimana pada masa kesultanan Iskandar Muda kerajaan aceh darussalam terbentang luas sampai kesemenanjung malaysia.  namun alangkah sayangnya kemegahan dan kejayaan masa lalu tidak mampu mengangkat harkat martabat orang aceh  di dunia internasional untuk saat ini. Aceh sekarang bukan lagi aceh yang dulu, sudah saatnya bagi aceh untuk berbenah diri untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman yang sudah modern.

          Pemuda aceh adalah generasi penerus yang akan membawa masa depan aceh, karenanya sudah menjadi tugas orang tua dan pemerintah dalam membina kaum muda agar menjadi penerus bangsa yang bersyariat dan bermartabat. sekarang pemerintah pusat telah memberikan wewenang kepada pemerintah aceh untuk menjalankan syariat islam di bumi serambi mekkah, maka sudah sepatutnya syariat itu dilaksanakan dan di internalisasikan dalam kehidupan bermasyarakat. sehingga kehidupan yang berlandaskan syariat disadari dan di jalankan tidak dengan terpaksa oleh masyarakat. budaya masyarakat aceh yang tidak terlepas dari syariat sebenarnya telah menjadi salah satu ketertarikan bagi wisatawan dari luar untuk mengetahui keunikan yang ada di aceh. salah satu keunikan itu adalah syariah yang mengatur tatanan hidup masyarakat aceh. cuma alangkah sayangnya sekarang remaja aceh sudah mulai terkontaminasi dengan budaya luar yang sangat cepat menginternalisasi kedalam kehidupan sehari hari remaja aceh. sudah sepatutnya kita sadari bahwa itu merupakan salah satu bencana sosial di masa yang akan datang.
Pekerjaan rumah bagi pemerintah aceh untuk membenahi kemuzharatan yang dapat mengancam aceh dari hilangnya identitas diri masyarakatnya yang pada dasar kehidupannya tidak terlepas dari islam. pada tahun 2004 yang silam aceh ditengan konflik yang berkepanjangan aceh diterpa oleh gempa yang cukup hebat sampai mendatangkan tsunami yang menghancurkan fondasi dan tatanan hidup dalam masyarakat. tsunami yang merupakan bencana telah memberikan hikmah yang sangat besar kepada provinsi ujung pulau sumatra untuk bangkit dan menuju aceh yang sejahtera. sekarang sudah hampir sepuluh tahun setelah tsunami aceh telah banyak dikunjungi oleh tourism-tourism asing yang ingin melihat langsung bagaimana aceh pasca 10 tahun tsunami. walaupun tidak di pungkiri bahwa masih banyak orang yang masih takut untuk berkunjung ke aceh karena aceh mempunyai image yang keras di mata orang luar. Maka dari itu sudah menjadi tugas masyarakat aceh untuk memperlihatkan bagaimana sebenarnya sikap asli orang aceh yang terkenal dengan budaya peumulia jamee..,.. keep smile....( hanya sebuah coretan kecil)