Ancaman Bencana di Sekitar Kita


Berbicara tentang bencana pasti kita sepakat bencana terjadi tidak hanya karena alam tetapi bencana juga dapat terjadi oleh ulah manusia itu sendiri baik karena faktor kesengajaan atau pun dikarenakan kelalaian. sekarang ini banyak kita lihat masyarakat kita tidak menghiraukan tentang lingkungan sekitar sehingga banyak sekali bencana-bencana yang timbul disebabkan kita tidak menjaga lingkungan sekitar. salah satu bencana yang kerap dilupakan oleh masyarakat adalah bencana sampah, banyak sekali masyarakat yang tidak sadar bahwa sampah bisa membawa malapetaka dalam kehidupan.
kebanyakan masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya baik itu sampah yang berasal dari individu maupun sampah rumah tangga. kebanyakan masyarakat suka membuang sampah di atas tanah kosong yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya walaupun tempat itu berada diareal perkotaan di mana penduduknya banyak. sehingga sampah yang tidak dikelola dengan benar dapat mengganggu masyarakat yang tinggal di seputaran daerah tersebut apalagi  sampah yang sudah membusuk dapat mengundang lalat-lalat dan juga sampah akan mendatangkan bau yang menyengat sehingga warga disekitar daerah itu akan sangat terganggu.
Salah satu ancaman bencana terjadi di Jalan prada utama tepatnya di daerah lamnyong depan Toko Fres RO atau lebih tepatnya di jalan menuju langgugop depan Wisma Meurah Mulia. Daerah ini adalah daerah perumahan, pertokoan dan juga hotel. akan tetapi terdapat satu petak tanah kosong yang tanpa izin pemiliknya telah di gunakan oleh warga sekitar yang tidak bertanggung jawab sebagai tempat pembuangan sampah. sebagai mana yang kita ketahui bahwa sampah adalah salah satu sumber penyakit dimana di tempat sampah yang tidak di kelola dengan baik maka akan munculnya bibit-bibit nyamuk yang dapat mendatangkan penyakit malaria. penyakit malaria adalah penyakit yang sangat mudah menular, jika satu orang terkena maka  beberapa radius dari penderita utama juga akan terserang penyakit yang sama.
 Sampah    plastik yang bertebaran di pinggir jalan juga  sering kali tertiup oleh angin dan terbawa ke pekarangan rumah orang lain sehingga akan mengotori halaman orang. pernah juga kejadian di tempat ini terjadi kecelakaan karena pengendara sepeda motor berusaha menghindari plastik yang bertiup ke arahnya, tanpa dia sadari ada kereta lain yang melaju dengan kencang dan tabrakanpun tidak dapat dihindarkan.
Pada tempat ini juga terdapat jalan yang rusak di persimpangan sehingga banyak pengendara sepeda motor yang terjatuh karena batu-batu dari aspal yang telah rusak. hal ini juga dipengaruhi oleh adanya tiang listrik yang ada tepat di pojok tanah kosong yang membatasi pengguna jalan sehingga ketika pengendara motor mau belok harus sangat berhati-hati. di tikungan ini juga seolah-olah sudah ada dua jalur yang bisa dilalui padahal satunya adalah tanah milik orang yang  tidak dipergunakan. kalau di musim hujan tanah di sekitar ini sering tergenang air apalagi di jalan aspal yang telah rusak dan berbatu. banyak sekali orang yang harus merelakan dirinya basah dan terluka kalau terjatuh dari kereta karena ada jalan rusak yang tertutup oleh genangan air. begitu juga sampah yang akan dihuni oleh bintik-bintik nyamuk yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Perlu bagi pemerintah untuk memperhatikan hal ini, masyarakat kita harus diberikan  pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan termasuk dalam hal pengelolaan sampah. masyarakat perlu diberikan pemahaman bahwa sampah itu adalah salah satu ancaman bencana bagi kehidupan.